Logo
Cara Pemesanan
Payment Confirmation
Kontak Kami
penyokong
Shopping Bag ITEMS |

News

<font color=red>Yuk Mengenal Jenis Kayu Untuk Bahan Furniture</font>

Yuk Mengenal Jenis Kayu Untuk Bahan Furniture

Sejak dulu kita mengenal kayu sebagai bahan untuk membuat furniture, bahkan jika ada yang hendak membeli furniture yang ditanyakan pembeli "Dari bahan kayu apa?". Pada kesempatan kali ini dehome ingin membagikan sedikit info mengenai kebanyakan jenis kayu yang banyak digunakan untuk kebutuhan pembuatan furniture di Indonesia.

Secara umum kayu terbagi menjadi 2 jenis, kayu solid & kayu olahan.

Kayu Solid
seperti namanya kayu solid merupakan kayu padat yang tidak memiliki rongga. Kayu solid tidak mengalami proses pengolahan maupun dicampur bahan lain. Merupakan jenis kayu dengan ketahanan paling kuat dan tahan lama. Terdapat banyak jenis kayu solid yang umumnya dikenal di Indonesia seperti jati, mahoni, pinus, dll.


Kayu Olahan
Terdapat beberapa jenis kayu olahan seperti :
  • Multipleks / Plywood / Kayu Lapis, merupakan kayu yang disusun dari beberapa lembaran kayu tipis yang kemudian direkatkan dan di pres dengan mesin bertekanan tinggi sehingga membentuk kayu lapis. Di Indonesia kayu lapis yg tersusun dr 3 lapisan disebut tripleks, lebih dari itu disebut multipleks.
  • Blockboard terdiri dari 3 lapis yaitu lapis Muka (Face) yang berasal dari lembaran Plywood setebal 0.5 ~ 2 mm, selanjutnya Inti (Core) yang terbuat dari kayu Hutan seperti kayu meranti atau kayu rakyat seperti Kayu Albasia yang sudah dirajang serta dilaminating dan dibuat sedemikian rupa dengan ketebalan berkirar 10 ~ 14 mm dan yang terakhir adalah lapisab belakang (Back) yang dibuat dari Plywood lembaran setebal 0.5 ~ 2.0 mm. Potongan kayu yang digunakan untuk bagian inti biasanya terbuat dari kayu lunak, sehingga harga blockboard tidak semahal multipleks.
  • Particle Board salah satu jenis kayu olahan, terbuat dari campuran keping kayu yang dicampur dengan lem resin sintetis dan dipres menjadi lembaran-lembaran keras dalam ketebalan tertentu. Terdapat beberapa grade particle board dilihat dari kepadatannya.
    Bahan particle board tidak dapat menopang beban terlalu berat karena terlalu berat akan mudah melengkung dan retak. Bahan particle board ini tidak tahan air.
  • Medium Density Fiberboard / MDF material kayu olahan yang dibuat dari kumpulan kayu dengan diameter kecil. Kumpulan kayu berdiameter kecil tersebut kemudian dicuci lalu direbus pada suhu tertentu sehingga membentuk bubur kayu. Berikutnya bubur kayu tersebut diberi lem dan wax. Campuran antara bubur kayu, lem, dan wax tersebut kemudian diberikan tekanan dan panas untuk menghasilkan benda yang lebih solid dengan ketebalan tertentu. Karena terbuat dari bubur kayu, pengerjaan MDF juga lebih fleksibel, yaitu mudah dipotong, di bor, dan dibentuk. Bahan ini lebih padat dan lebih kuat dibanding particle board. Sama seperti bahan particle, MDF juga mempunyai kelemahan terhadap air dan kelembaban.

Latest News

font colorredTips Memilih Spring BedfontTips Memilih Spring Bed
Saat ini telah banyak pilihan merk spring bed yang beredar di pasaran, sehingga membuat calon pembeli bingung ingin membeli yang mana?
Yuk Mengenal Jenis Kayu Untuk Bahan Furniture
Sejak dulu kita mengenal kayu sebagai bahan untuk membuat furniture, bahkan jika ada yang hendak membeli furniture yang ditanyakan pembeli "Dari bahan kayu apa?".
test news
tset overview